Our Blog

Ilmu Sihir Zaman Batu

Kata 'superstition' (takhayul) diturunkan dari bahasa latain superstitio, 'menghadapai sesuatu hal dengan kekaguaman atau ketakjuban', yang menjelaskan mengapa kita begitu percaya pada takhayul: Kita sangat mudah kagum. Richard Dawkins dari Oxford Unifersity percaya bahwa otak Zaman Batu kita terlalu gampang kagum dan akibatnya terlalu mudah percaya takhayul, karena otak kita telah diasah agar sesuai dengan keperluan leluhur kita, yang menjalani kehidupan yang hampir selalu membosankan dan biasa-biasa saja dalam populasi-populasi kecil.


Bukti antropologi dan fosil menunjukan bahwa pada masa beberapa ratus ribu tahun lalu leluhur kita mungkin hidu0p dalam kelompok-kelompok kecil yang berpindah-pindah, atau didusun-dusun kecil. jadi, suatu kebetulan harus melibatkan sebanyak-banyaknya beberapa lusin orang. "Otak kita jadi terbiasa mengenali pola, dan terkejut dengan kebetulan yang sebenarnya tingkatnya biasa-biasa aja andaikata ruang lingkup pertemanan dan pergaulan kita cukup luas," kata Dawkins.


Sekarang tentu saja berkat televisi, Internet, dan sarana komuinikasi massa lainnya, ruang lingkup kita menjadi lebih besar, dan pemicu keterkejutan dalam otak kita jadi lebih sering di aktifkan daripada saat kita masih menjadi pengumpul-pengumpul makanan. "Otak kita disetel oleh seleksi alam turun temurun untuk mengharapkan tingkat kebetulan yang jauh lebih rendah, disesuaikan dengan perkampungan kecil," kata Dawkins. "jadi kita terkagum-kagum dengan kebetulan-kebetulan karena ambang kekaguaman yang salah setelannya."


Faktor lain yang memungkinkan penurunnan ambang kekaguman akibat pola-pola dan kebetulan-kebetulan adalah laju kehidupan moderen yang cepat. kita lebih punya banyak pengalaman, melaksanakan perjalanan lebih jauh, dan lebih banyak mengerjakan kegiatan per jam daripada yang terjadi berabad-abad lalu, yang melipat gandakan jumlah kesempatan mengalami kejadian kebetulan dan makin membingungkan kemampuan otak kita untuk menimbang pentingnya suatu kebetulan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Note Gravity Children Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.