Our Blog

Yang sedikit itu terdistorsi

kali ni q mw crita sains Gan soalnya pengen he3x.... langsung aja!


Untuk membuat sswt menghilang kamu ng' perlu kutukan Conjunctivitis yg mengacaukan pandangan atau bertriak "Deletrius". ntar dikira Harpot holix he3x. Setiap kali kamu membuka mata, pikiranmu membuat sswt yg tdk ada disana menghilang, (Binggung yaaaa) maksudq bintik buta atau blind spot. Selama ini informasi yang kita trima dr mata ng' lengkap lhooo....: ada swt titik pd retina peka cahaya dibalik matamu, tempat cahaya tidak terdeteksi cz itulah tempat saraf saraf optik smsin informasi visualnya ke otak.


Selama ini gw elu or kita hnya perhatiin pd keadaan tertentu aja. Suatu permainan teka teki 
anak-anak menggunakan fenomena bintik buta untuk membuat satu titik di antara dua titik pd secarik kertas "menghilang" ketika kertas itu digeerakin mendekat ke mata.


Bintik buta telah dipelajari oleh Richard Gregory dari bristol university n 
Vilayamur Ramachandran dari University of Calivornia, Sandiego. Mereka mulai berceloteh dan menanyakan mengapa, bila semua mata punya bintik buta, kita tidak melihat suatu titik hitam besar dlm bidang pandangan kita. Perhitungan menunjukan bahwa seharusnya titik tersebut mencolok, berukuran sekitar 6x bulan diangkasa ( Berarti sak Tampah ). Berbagai gagasan telah dikemukakan untk njelasin bagaimana otak kita memperbaiki gambar tersebut. Barang kali kita tidak perhatiin bintik buta, atao otak "mengisi kekosonggannya" dengan membuat rekaan berdasarkan informasi visual yang didapat dari seputar tepi bintik. Gregory and Ramachandran percaya bahwa yg terahkir itulah yg terjadi setelah lakuin percobaan di mana mereka mempertunjukan vidio berisi pola-pola buatan komputer kpd para sukarelawan yang memakai bintik buta buatan yang terpasang sementara pd mata mereka.


Kelompok tersebut membandingkan apa yg mereka pertunjukan pd para sukarelawan dengan apa yang dilihat oleh para sukarelawan. Teknik baru mereka mengungkap seberapa banyak yang diciptakan otak untuk mengisi daerah kebutaan. Otak tidak menyukai kekosongan, dan harus melengkapi suatu citra. Ok q ksh contohyaaaa giniii, jika satu gambar garis lurus terputus karena melewati bintik buta, otak menyimpulkan berdasarkan representasi garis terputus diretina bahwa garis itu sesungguhnya menyambung dan memperpanjang garis itu melewati keterputusan. 


Ada bntuk lain kbutaan yg menghinggapi kita tanpa kita sadari. ontoh, jika kamu berkonsentrasi pada pola bintik-bintik yang berputar diatas beberapa bintik yang diam, bintik-bintik yang diam tanpak berkedip-kedip. kebutaan "akibat gerakan" itu telah dipelajari oleh Yoram Bonneh dari Smith-kettlewell Eye Research Institute, San Fransisco. Bintik" itu dihapus dalam pikiran, bukan pada gambar: dihadapakan  dengan rangsangan yang berbeda-beda, otak berpindah pada mode "pemenang mendapat semua", mengurangi perhatiannya pada beberapa obyek dalam jangkauan pandang. Bonneh menduga fenomena demikian dapat terjadi pd situasi dunia nyata, seperti mengemudi pada malam hari. ketika seorang pengendara dihaddapkan pada banyak lampu depan dan belakang yang bergerak, lampu mobil di depannya yang relatif tidak banyak bergerak, lampu mobil di depannya yang relatif tidak banyak bergerak pd dasarnya mungkin menghilang.


Kebutaan karena gerakan juga menyerupai efek penyakit simultanagnosia, yang pasien"nya kebanyakan menderita kerusakan otak, tak dapat mengamati lebih daripada dua obyek dalam waktu yang sama. contoh ekstim muncul pada buku tulisan ahli saraf Rusia Alexander Luria, The Man with a Shattered World atau Lelaki dengan dunia yang hancur, yang berisi catatan" yang dibuat oleh seorang prajurit yang terluka saat pertempuran Smolensk pada perang dunia kedua: "Baru saja saya tak sengaja melihat ke bawah dan saya merasa ngeri..... Tangan dan kaki saya hilang. Apa yang terjadi pada tangan dan kaki saya?" sekali lagi, otak bisa saja membuat benda" menghilang, seolah disihir. Sebagaimana otak mengabaikan realitas fisik, dia juga membuat realitasnya sendiri. 




coba amati gambar di samping ini dengan kedua mata kamu, tanda “plus” di tengah-tengah lingkarang bulatan-bulatan itu. Amati terus, dan saksikan apa yang terjadi, bulatan-bulatan itu hilang satu persatu kan?


he3x lo ng' ilang triak "Deletrius" sambil acungin jari telunjuk ke mata masing" he3x




















( Dari berbagai sumber )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Note Gravity Children Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.